Kamis, 24 Oktober 2013

Cerita Kuliner Trip: Tour Gratis dari Turkish Airlines, Touristanbul (part 1) - nuraisya blog

Touristanbul adalah fasilitas tour keliling Istanbul gratis yang tersedia untuk semua penumpang transit penerbangan internasional Turkish Airlines (tidak sepenuhnya gratis sih, tetap harus bermodal 25 USD untuk bayar visa Turki). Yah, hitung-hitung daripada bosan menunggu di airport bukannya lebih baik berkeliling melihat keindahan kota Istanbul. Okay, saatnya daftar ke loket Touristanbul di dekat Starbucks, masih berlokasi dalam Ataturk Airport, Istanbul. Setelah tanya sana-sini akhirnya ketemu juga lokasi loketnya, tersedia 3 pilihan waktu yang berbeda dengan tujuan yang sedikit berbeda setiap harinya. Karena kami berada di Istanbul pada hari Selasa, maka jadwal tour hari itu adalah:
  • Berangkat dari Ataturk Airport
  • Sarapan
  • Blue Mosque
  • Hippodrome (Sultan Ahmed Square)
  • German Fountain
  • Serpentine Column
  • Obelisk of Thedosius
  • Basilica Cistern
  • Hagia Sophia Museum
  • Makan Siang
  • Spice Bazaar dan New Mosque
  • Kembali ke Ataturk Airport
Sayangnya Topkapi Palace tutup pada hari Selasa sehingga tidak termasuk di jadwal kami hari itu, tapi namanya gratis tetap harus disyukuri. Cukup menunggu sebentar sambil cuci mata di Starbucks, akhirnya kami pun dipanggil untuk mengikuti si tour guide yang beda tipis dengan aktor ganteng Hollywood, Jude Law. Tidak menunggu lebih lama lagi kami langsung berangkat meluncur ke pusat kota Istanbul.
    Perjalanan dari Ataturk ke pusat kota Istanbul
    World Trade Center Istanbul
    Pelabuhan yang kami lewati, saat itu mulai gerimis (mulai berdoa supaya cerah)
    Burung-burung camar memenuhi atap-atap rumah di seberang pelabuhan
    Dan setelah perjalanan yang cukup panjang akhirnya kami tiba di tujuan untuk sarapan, tepatnya di Tamara Restaurant & Cafe, yang berlokasi dekat dengan Masjid Sultan Ahmed. Kala itu kami disuguhi dengan roti, teh Turki, telur rebus, bermacam selai, keju dan teman makan roti lainnya. Dan tentunya sarapan ini juga gratis termasuk dalam paket Touristanbul.

    Sarapan dari Tamara Restaurant & Cafe
    Teh Turki, sedikit lebih pahit daripada teh di Indonesia
    Untuk makan siang sekalian saja dibahas di review kali ini karena kebetulan masih disediakan oleh Tamara Restaurant & Cafe. Untuk makan siang kali ini lebih masuk ke lidah karena lebih bernuansa Asia, dengan hidangan pembuka sup serta salad (sebagai catatan salad di Turki cenderung asam, jadi buat yang punya masalah pencernaan atau lambung sebaiknya dihindari). Yang kemudian disusul dengan hidangan utama nasi kari dan kebab (kalau yang ini recommended banget, uenakk). Selain hidangannya yang lezat salah satu kelebihan dari restoran ini adalah bisa menikmati pemandangan dari Masjid Sultan Ahmed, dengan catatan kita mengambil tempat duduk di balkon lantai atas restoran. Untuk tempat-tempat wisata Touristanbul lainnya akan dibahas di review selanjutnya, so sampai ketemu lagi ^-^

    Sup sebagai hidangan pembuka
    Nasi Kebab, hidangan utama siang itu
    Aneka menu lainnya dari Tamara Restaurant & Cafe

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar